Training Fasilitator Sosialisasi Bencana

Anggoro Budi Prasetyo menerima kenang-kenangan dari kelompok KKN UGM desa Purwobingan
Anggoro Budi Prasetyo (Direktur Eksekutif Aksara) menerima kenang-kenangan dari kelompok KKN UGM desa Purwobingan

Bencana adalah tanggung jawab semua pihak, termasuk juga para akademisi. Pun juga kelompok KKN UGM yang berada di desa Purwobinangun. Berkenaan dengan itu, maka dalam salah satu kegiatannya bermaksud untuk melakukan fasilitasi penyusunan Prosedur Tetap (protap) Penanggulangan Bencana (PB) di dusun Ngepring desa Purwobinangun. Salah satu muatan dalam Protap yang akan dibuat adalah mendorong perempuan untuk berperan dan berpartisipasi aktif dalam PB.
Aksara bersama kelompok KKN UGM di desa Purwobinangun kemudian mengadakan sebuah training kecil sebagai langkah persiapan. Training of Facilitator diadakan di kantor Aksara pada tanggal 7 Agustus 2014. Diawali dengan berbagi pengalaman dari sdr. Mulyadi sebagai ketua pemuda Turgo dan kemudian dilanjutkan dengan teknik dan materi fasilitasi oleh sdr. Choiri dan Wakid.
Penyusunan Protap PB di dusun Ngepring desa Purwobinangun rencananya akan diawali dengan FGD kelompok perempuan di tingkat RT dan kemudian dilanjutkan dengan Penyusunan SOP PB di tingkat dusun. Sebagai acuan penyusunan Protap PB di dusun adalah Protap yang sudah ada di desa Purwobinangun.