Siaga Bencana dengan Teknologi

IMG_20141118_121918

Siaga dengan Teknogi (SIGI) merupakan salah satu modalitas Cash Transfer Program dalam tanggap bencana. Menggunakan produk e-money atau sejenisnya dari perbankan untuk menekan risiko keamanan dan memberikan kenyamanan bagi para penerima manfaat. Selain itu, dengan penerapan SIGI juga bertujuan untuk membuka dan mendorong akses masyarakat pada perbankan.

Tim SIGI Papua yang terdiri dari Aksara, OXFAM Papua, KIPRA, TSBD Kampung Gurabesi, Kader Posyandu kampung Gurabesi, BPBD serta Dinsos Jaya Pura melakukan Simulasi SIGI di Kampung Gurabesi, Kota Jaya Pura untuk korban banjir dan kebakaran. Pada simulasi ini, yang digunakan adalah kartu Brizzi dari BRI dengan supplier para Pedagang di Kampung Gurabesi. Kartu Brizzi dari BRI di pilih karena mudah didapatkan di Jaya Pura, Papua. Kerjasama dengan Pedagang kecil di Gurabesi juga merupakan upaya pemberdayaan UMKM (usaha Mikro Kecil dan Menengah).

IMG_5146

Proses Simulasi dimulai dari pembentukan Tim, Penetapan wilayah, Assessment dan Verifikasi penerima manfaat, Sosialisasi dan pembagian kartu sampai dengan Redemption (Pembelanjaan) dilakukan mulai tanggal 3 sampai 25 Nopember 2014.  Meski banyak kekurangan selama pelaksanaan simulasi, ada banyak pembelajaran yang di dapatkan oleh Tim SIGI Papua.