World Friend Korea di Jogja

DSC_0093

Pada pekan pertama awal tahun ini, Aksara mendapat kepercayaan untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya bekerja di issue bencana kepada para mahasiswa Korea yang tengah berkegiatan sosial di Indonesia. Topik bencana alam erupsi Merapi menjadi pilihan yang tepat untuk dibahas dalam diskusi kebencanaan yang dibawakan oleh Aksara, Sabtu (10/1) lalu di Kaliurang, kawasan yang masuk dalam KRB (kawasan Rawan Bencana) 3, Gunung Merapi.

DSC_0028

Diskusi yang diawali dengan pemutaran film documenter mengenai Erupsi Merapi 2010 disambut antusias oleh 30 peserta asal korea dan mahasiswa Indonesia. Dilanjutkan diskusi mengenai system peringatan dini ancaman bencana erupsi Merapi maupun mitigasi bencana.

“Diskusi ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama menambah pengetahuan tentang gunung berapi. Di Korea tidak ada gunung berapi aktif sehingga kepedulian terhadap gunung berapi dan gempa sangat kurang,” ungkap Song Jin Kwha (25) saat ditanya pendapatnya oleh relawan AKSARA.

DSC_0012

Kegiatan ini menjadi inspirasi dan nilai tambah bagi wawasan para mahasiswa asal Korea dalam melihat lebih dekat mengenai penanganan dan penanggulangan bencana.

 

Ditulis oleh : Pipit

Photo oleh : Pipit