Ekspose Draft Kurikulum Pendidikan Pengarus Utamaan Gender

Expose Draft Kurikulum Pendidikan Pengarusutamaan Gender dilakukan oleh BPPM DIY bekerjasama dengan Perkumpulan Aksara yogyakarta. Acara pada jumat 20 Februari bertempat di Balai Diklat PU DIY ini dilakukan untuk menyampaian hasil dari FGD penyusunan kurikulum Pengarus Utamaan Gender yang telah dilakukan beberapa kali sebelumnya. Dan sekaligus sebagai upaya untuk mendapatkan masukan dari para pihak.

Dijelaskan oleh Kasubid PUG BPPM, Sri Hartati, Kurikulum Pengarusutamaan Gender ini merupakan pedoman yang akan dapat dipakai bagi oleh berbagai pihak. Baik SKPD, Pusat Studi Gender/ Wanita, maupun Organisasi Kemasyarakatan pada pendidikan pengarusutamaan gender tingkat dasar.

ekspose-kurikulum-pprg

Pemaparan hasil penyusunan Kurikulum Pendidikan Pengarusutamaan Gender ini meliputi materi-materi dasar mengenai kebijakan terkait PUG, Sejarah Perjuangan Kesetaraan Gender, Konsep Gender, berbagai masalah Pengarusutamaan Gender di berbagai Sektor dan Analisis Gender di berbagai ranah. Anggoro Budi Prasetya (AKSARA ), menjelaskan bahwa kurikulum ini akan dipakai pada pendidikan mengenai pengarusutamaan gender tingkat dasar dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai Pengarusutamaan Gender. Termasuk mengatasi masalah pragmatis adanya ketimpangan pemahaman mengenai Sex dan Gender yang masih simpang siur di masyarakat.